Rabu, 14 November 2012

Selamat Tahun Baru 1434 H.

Tags



 “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah….” (Q.S.al-Taubah (9):20)

Saudaraku yang budiman, tahun baru 1 Muharam 1434 Hijriyah sebentar lagi kita jelang. Sesungguhnya setiap menyambut datangnya tahun baru Hijriah selalu didahului oleh dua peristiwa penting dalam Islam, yaitu, Idul Fitri, 1 Syawal sebagai akhir puasa, dan Idul Adha, 10 Zulhijah puncak pelaksanaan Ibadah Haji



Baik Idul Fitri maupun Idul Adha kalau diamati lebih dalam memiliki makna dan hubungan yang erat dengan satu Muharam, datangnya tahun baru Islam.

Seseorang yang akan pindah, selayaknyalah mempersiapkan bekal. Pindah untuk menuju satu tahun ke depan, tentu dia dituntut lebih siap lagi. Bekal yang diwajibkan Allah untuk persiapan satu tahun adalah Ibadah Puasa dan Haji. Ibadah puasa bertujuan agar kita mampu mengendalikan hawa nafsu, sedangkan Ibadah Haji untuk melawan dan menundukkan godaan syaitan yang terkutuk.

Ada 3 pesan perubahan dalam menyambut tahun baru Hijriah ini, yaitu:
1.   Hindari kebiasaan-kebiasaan lama / hal-hal yang tidak bermanfaat pada tahun yang lalu untuk tidak diulangi lagi di tahun  baru ini.

2.   Lakukan amalan-amalan kecil secara istiqamah, dimulai sejak tahun baru ini yang nilai pahalanya luar biasa dimata Allah SWT, seperti membiasakan shalat dhuha 2 raka’at, suka sedekah kepada fakir miskin, menyantuni anak-anak yatim, dll.

3.  Usahakan dengan niat yang ikhlas karena Allah agar tahun baru ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan membawa banyak manfaat bagi keluarga maupun masyarakat muslim lainnya.

 Wallahu a’lam
Semoga bermanfaat ^_^


EmoticonEmoticon