Selasa, 28 Agustus 2012

Konflik Myanmar dan Muslim Rohingya

Tags


Pembantaian kaum Muslim Rohingya menyita perhatian dunia internasional. Sebagai etnis yang menempati salah satu wilayah Myanmar, etnis Rohingya sampai saat ini tidak memiliki kewarganegaraan. Tidak hanya itu, program pembersihan etnis diperkirakan dilakukan pemerintah Myanmar dengan berbagai metode yang kejam.

Melihat Sejarah, Muslim Rohingya ternyata sudah lebih dulu dibandingkan dengan Burma (Myanmar). Sebagai etnis, Rohingya sudah hidup di wilayah Burma sejak abad 7 Masehi. Pada tahun 1430 sampai 1784 Masehi wilayah etnis Rohingya dikuasai oleh muslim dengan nama Kerajaan Arakan. Selama sekitar 3,5 abad Rohingya dalam kekuasaan kerajaan Muslim hingga kemudian Arakan diserang oleh Kerajaan Burma, dan dikuasai oleh Inggris.

Negara Burma (Myanmar) memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948. Myanmar mencatat terdapat 137 etnis sebagai suku asli. Namun demikian, etnis Rohingya tidak terdaftar sebagai salah satu suku lokal. Myanmar tetap memasukkan negara bagian Arakan sebagai salah satu wilayahnya. Hal ini menyebabkan etnis Rohingya hingga saat ini tidak diakui sebagai etnis yang tinggal di wilayah Arakan. (Sumber: Heru Susetyo, Praktisi Hukum Universitas Indonesia dalam hidayatullah.com 26 Juli 2012)

Upaya pembersihan etnis Rohingya sudah sering terjadi. Media internasional menyebutkan ratusan desa dibakar, ribuan jiwa muslim Rohingya tewas dan ratusan ribu orang lainnya terusir dari kampung halaman dan hidup sebagai pengungsi. Orang Rohingya dianggap minoritas dan bukan bagian dari Burma. (Sumber: antaranews.com, 31 Juli 2012)

Kerusuhan besar kembali terjadi pada awal Juni 2012. Tragedi ini dipicu oleh pemerkosaan dan pembunuhan seorang gadis yang dituduhkan kepada tiga orang pemuda Muslim Arakan. Kejadian ini menyulut kemarahan etnis mayoritas dan melampiaskan kepada warga Muslim Rohingya. Pada tanggal 4 Juni 2012, 10 orang muslim yang hendak pergi berziarah tewas oleh 300 warga yang melampiaskan kekesalannya. Semenjak itu konflik terus memanas di kawasan Arakan.

Konflik berdarah di Provinsi Arakan telah menewaskan sedikitnya 77 orang dari etnis Rohingya dan Buddha Rakhine. laporan dari pemerintah, saksi mata memperkirakan jumlah korban lebih banyak lagi. Human Right Watch (HWC) melaporkan, tentara pemerintah turut andil dalam pembunuhan, perkosaan dan pembakaran rumah warga Rohingya.

Akibat kekerasan ini, ratusan Muslim Rohingya mempertaruhkan nyawa mengarungi lautan menggunakan perahu boat seadanya untuk mengungsi ke Bangladesh. Pemerintah Bangladesh mengatakan saat ini telah ada 300.000 warga Rohingya di negara mereka. Banyaknya jumlah pengungsi di Bangladesh menyebabkan pemerintah setempat menyerukan untuk tidak menolong ribuan pengungsi. Hal ini dimaksudkan agar tidak menambah banyak jumlah pengungsi di Bangladesh. Sementara itu, jumlah pengungsi Rohingya yang berada di Indonesia berjumlah 415 orang. (Sumber: us.dunia.news.viva.co.id, 3 Agustus 2012)

Dalam upaya memperjuangkan hak-hak warga Muslim Rohingya, tiga lembaga kemanusiaan Indonesia, yakni Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan PKPU bersinergi dalam gerakan Love Rohingya. Love Rohingya merupakan tagline bersama dalama upaya mengajak semua masyarakat membantu minoritas muslim Rohingya, yang kondisinya sangat memprhatinkan.

Rumah Zakat menyambut hangat peluang kerjasama dengan Saudara semua dalam penyelenggaraan Program Love Rohingya. Program ini merupakan bentuk solidaritas terhadap muslim Rohingya yang mengalami penindasan dan kekerasan di Provinsi Arakan, Myanmar.

Besar harapan kami, Saudara dan Rumah Zakat dapat bersinergi dalam program ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Saudara dapat menyalurkan sebagian rizkinya untuk membantu saudara muslim Rohingya yang mengalami penindasan dan kekerasan di Provinsi Arakan, Myanmar dengan transfer melalui rekening donasi dibawah ini :

BCA : 094.3016.001
Mandiri : 132 000 481 974 5
BNI Syari'ah : 155 555 5589
a.n. yayasan Rumah Zakat Indonesia

Setelah donasi, saudara di mohon untuk melakukan konfirmasi melalui Email : wawan.rumahzakat@gmail.com

Dengan mencantumkan keterangan “Love Rohingya”. Konfirmasi ini akan kami forwardkan ke admin bank kami agar bantuan Saudara segera diproses.

Berapapun bantuan Saudara, sangat membantu saudara2 kita di Rohingya sana. Untuk informasi, dapat langsung mengirimkan pesan via  Fcebook : Wawan Rumah Zakat  YM : wawawn_rumahzakat Email : wawan.rumahzakat@gmail.com

Demikian informasi ini, saya sampaikan. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan Saudara semua. Salam hangat untuk keluarga tercinta.

Jazakallah khairan katsiran


EmoticonEmoticon